10 Hal Aneh Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kulit Anda

 https://www.selebritidansport.xyz/2023/08/10-hal-aneh-yang-harus-anda-ketahui.html

Apakah Anda tahu apa organ terbesar dari tubuh manusia? Ya, itu kulit, dan beratnya kira-kira 15% dari total berat badan kita. Mempelajari lebih banyak tentang kekhasan kulit Anda sangat penting untuk tubuh yang sehat, jadi mari selami.

Kulit adalah organ karena terdiri dari beberapa jaringan dan sel yang berbeda dan fungsi tertentu. Ini adalah organ perlindungan,10 Hal Aneh Yang Harus Anda Ketahui Tentang Artikel Kulit Anda pertama dan terutama, dan itu berubah tergantung pada usia, kesehatan internal, dan faktor eksternal. 
 
Karena kekhususannya di berbagai area tubuh yang sama, kulit adalah organ yang sensitif dan selalu berubah. Karena kulit di sekitar mata terbuat dari lapisan epidermis yang lebih tipis, maka perlu perawatan yang berbeda dari kulit di kaki Anda, misalnya.

Struktur kulit

Ada tiga jenis utama lapisan kulit: epidermis, dermis, dan lapisan subkutan. Epidermis, lapisan terluar, mengandung sel-sel yang menghasilkan pigmen (warna/nuansa kulit), dan melindungi sistem kekebalan tubuh.

Dermis, lapisan tengah, mengandung jaringan ikat, kapiler, jaringan saraf, dan folikel rambut. Ini juga mengandung kelenjar keringat, dan kelenjar minyak tubuh (sebum). Lapisan subkutan adalah lapisan kulit paling dalam dan berisi pembuluh darah besar, saraf, lemak, dan jaringan ikat. 
 
Ini mengatur suhu tubuh dan melindungi organ dalam dan otot dari dampak merusak. Ini juga menghasilkan hormon yang disebut leptin yang menstabilkan metabolisme. Sekarang setelah kita memahami betapa pentingnya kulit bagi kelangsungan hidup kita, mari kita lihat apa saja faktor negatif yang memengaruhi kesehatan kulit, dan karenanya, kesehatan kita secara umum.

Faktor negatif internal

Faktor internal yang dapat mempengaruhi kesehatan dan aspek kulit Anda adalah genetika, hormon, dan penyakit seperti diabetes. Gen menentukan jenis kulit dan proses penuaan kita, jadi kita tidak bisa berbuat banyak, kecuali mengurangi faktor yang akan memperburuk kecenderungan gen kita. Gen dapat memengaruhi regenerasi sel dan penuaan biologis kita; mereka juga dapat menentukan bagaimana kelenjar sebum dan keringat kita berfungsi.

Perubahan hormon bisa menyebabkan jerawat, terutama pada masa remaja, atau saat menstruasi pada wanita. Estrogen wanita menurun setelah menopause, sehingga fungsi pelembab alami kulit juga menurun.

Beberapa penyakit internal yang parah dapat bermanifestasi pada tingkat kulit seperti diabetes, kanker, dan masalah hati yang paling umum - keracunan, atau gangguan fungsi empedu. Masalah hati bermanifestasi baik sebagai ruam kulit atau pigmentasi kekuningan pada kulit. Oleh karena itu, dalam banyak budaya, terdapat mentalitas lama bahwa kulit yang halus dan bersinar menandakan tubuh yang sehat di dalam. 
 
Apa yang Anda makan adalah apa adanya Anda, dan ditunjukkan pada kulit, jadi makanan yang sehat dan kaya vitamin adalah suatu keharusan untuk kulit yang lebih sehat. Faktor internal lain yang dapat mempengaruhi kulit adalah perawatan medis yang parah seperti kemoterapi. Ada juga virus yang menyerang kulit melalui erupsi seperti virus varicella dan variola.

Faktor negatif eksternal

Faktor negatif eksternal paling banyak diketahui orang, karena kita mendengarnya di iklan TV, dan sangat terlihat di tingkat kulit. Faktor eksternal negatif yang paling umum pada kulit adalah:

Sinar matahari/radiasi UV:
 
* Semprotan berlebihan atau penyamakan buatan

* Perubahan suhu yang drastis

* Produk kimia

* Pencucian yang berlebihan

* Merokok

Kondisi kulit yang umum

Depresi karena jerawat, atau depigmentasi? Perlu Anda ketahui bahwa jerawat dan depigmentasi adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum. Jerawat mempengaruhi lebih dari 50 juta orang Amerika setiap tahunnya, menurut statistik American Academy of Dermatology Association. Dermatitis atopik akan menyerang 1 dari 10 orang sepanjang hidupnya. 50 juta pria dan 30 juta wanita terkena kerontokan rambut, menurut Medline Plus, National Library of Medicine. 

Rosacea atau kemerahan pada kulit wajah mempengaruhi hingga 16 juta orang Amerika, sebagian besar berusia di atas 30 tahun. Vitiligo, penyakit lain yang sangat umum, yang bermanifestasi sebagai depigmentasi atau bercak putih pada permukaan kulit, mempengaruhi lebih dari 70 juta orang di seluruh dunia. 
 
Semua kondisi kulit ini sering kali disebabkan oleh faktor negatif eksternal dan perawatan nutrisi yang tidak tepat. Kulit merupakan organ sensitif dan kompleks yang memerlukan perawatan intensif. Itu adalah bagian luar biasa dari tubuh kita dan menyembunyikan lebih banyak keajaiban.

10 Hal aneh yang harus anda ketahui tentang kulit anda
 
* Ia memperbaharui dirinya sendiri setiap 28 hari.

* Sekitar 50% debu di rumah Anda adalah kulit mati.

* Tingkat pertumbuhan rambut tubuh adalah 2 sampai 6 tahun.

* Kulit paling tebal ada di telapak kaki Anda.

* Kulit paling tipis ada di kelopak mata.

* Kami kehilangan sekitar 20 - 100 rambut setiap hari.

* Bekas luka tidak memiliki rambut dan kelenjar keringat.

* Keringat tidak berbau, tapi bakteri di dalamnya berbau.

* Kulit memiliki 1000 spesies bakterinya sendiri.

* Bayi mengembangkan warna kulit mereka dalam 6 bulan.

Tubuh manusia berhak mendapatkan perawatan dan penghormatan, termasuk kulit. Ini berarti kita perlu berhati-hati dengan apa yang kita makan dan apa yang kita hadapi, mulai dari lingkungan yang penuh tekanan hingga kondisi cuaca. Semoga bermanfaat.