Apa Saja Makanan Sehat untuk Ginjal?

 https://www.selebritidansport.xyz/2023/07/apa-saja-makanan-sehat-untuk-ginjal.html

Menurut data Kementerian Kesehatan pada Tahun 2022, penyakit ginjal menjadi penyebab kematian ke-10 di Indonesia dengan jumlah kematian lebih dari 42.000 jiwa per tahun. Untuk itu kesehatan ginjal perlu menjadi perhatian, sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Namun bagi yang mengalami gangguan ginjal kandungan kalium dalam sayuran dan buah-buahan justru dapat memperburuk kondisi ginjal.

Selain itu ada juga buah yang dapat bersifat racun bagi ginjal jika dikonsumsi terlalu banyak yaitu jengkol, mengkudu, belimbing dan sirsak. Meski demikian, makanan bukanlah penyebab langsung gangguan ginjal karena 50% pasien cuci darah atau penyakit ginjal kronik disebabkan oleh diabetes dan hipertensi.

Namun keduanya terjadi akibat pola makan yang tidak terkontrol, untuk menghindari diabetes makanan yang harus diawasi adalah yang mengandung lemak dan gula. Lemak biasanya terdapat pada daging merah dan makanan yang diproses menggunakan minyak sawit. Sementara gula diantaranya terdapat pada nasi dan makanan manis lainnya.

Untuk menghindari hipertensi atau tekanan darah tinggi yang harus diperhatikan adalah menjaga asupan garam dalam batas normal. Kemudian kurangi konsumsi garam, kita merujuk pada anjuran Who di tahun 2025 sebentar lagi ini kita dapat membatasi asupan garam satu orang hanya satu sendok teh sekitar 5 gr garam per hari.

Dengan menjaga kesehatan ginjal, sisa metabolisme dalam tubuh terbuang dengan baik dan keseimbangan Ca dalam tubuh dapat terjaga. Sebagai upaya untuk menjaga fungsi ginjal diperlukan deteksi dini gangguan ginjal dengan cara pemeriksaan kreatinin dan urine secara
rutin.

Jadi kalau urine dia ketemu ada protein atau ada sel darah merah atau keratin ini sedikit tinggi dibandingkan nilai normal kita sudah harus hati-hati dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Mengenai pentingnya kesehatan ginjal mulai digalakkan sejak tahun 2006 melalui peringatan hari ginjal sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 10 maret. Semoga bermanfaat.